Penyakit Wasir dan Cara Mencegah Wasir

Penyakit Wasir dan Cara Mencegah Wasir

Obat WasirWasir merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar atau di dalam anus. Penyebab pembengkakan ini belum diketahui secara pasti, namun erat kaitannya dengan tekanan yang meningkat pada pembuluh darah akibat:

  • Kurang mengonsumsi makanan kaya serat
  • Sembelit berkepanjangan
  • Mengejan berlebihan saat buang air besar

Seseorang yang menderita wasir biasanya mengalami gejala seperti adanya benjolan yang menggantung di luar anus, rasa gatal pada anus, dan pendarahan setiap selesai buang air besar.

Wasir termasuk penyakit yang mudah didiagnosis oleh dokter melalui pemeriksaan kondisi dubur. Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan untuk meredakan gejala sekaligus memperlancar buang air besar pasien. Obat-obatan yang diberikan bisa dalam bentuk tablet atau topikal.

Jika gejala wasir semakin parah dan tidak bisa lagi ditangani dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan, maka biasanya dokter akan merekomendasikan operasi.

Wasir dapat dicegah dengan rutin berolahraga dan menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan, banyak minum cairan, mencukupi kebutuhan serat, dan tidak menahan buang air besar. Selain itu, hindarilah obat-obatan yang memiliki efek samping konstipasi. Salah satu contohnya adalah obat pereda rasa sakit dengan komposisi kodein.

Wasir yang pada umumnya karena kekurangan serat, maka sanngat bagus mengkomsumsi jus Fiforlif yang kaya serat dan juga dapat membantu mengempiskan perut buncit. Jangan sampai tunggu terkena wasir segera komsumsi jus yang kaya serat ini.

Untuk yang menderita wasir dengan komsumsi fiforlif maka BAB menjadi lebih lembek sehingga tidak membuat wasir makin parah.