Menurunkan berat badan 15 kg saat berpuasa, mungkinkah ?

Menurunkan berat badan 15 kg saat berpuasa, mungkinkah ?

Berpuasa bukan hanya menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu, puasa juga mengajarkan kita bagaimana cara mengontrol diri. Oleh sebab itu, puasa selalu dikaitkan dengan diet sehat untuk menurunkan berat badan. Sebab diet pada dasarnya juga mengontrol diri kita supaya tidak makan berlebih, mau mengatur jumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari, dan yang lainnya. Tidak heran jika banyak harapan besar bermunculan dari para pelaku diet menguruskan badan pada saat bulan puasa tiba. Berharap tubuhnya bisa kurus setelah sebulan berpuasa.
Namun, kadang apa yang harus kita lakukan untuk mengontrol diri tidak sesederhana itu. Sebab menurunkan berat badan harus dilakukan dengan benar, tidak hanya dengan mengurangi porsi makan atau semacamnya. Tetapi juga harus mempertimbangkan kesehatan dan kebugaran saat berpuasa. Dilansir dari Now Loss, di bawah ini adalah beberapa cara mudah menurunkan berat badan saat berpuasa.

Tips alami menurunkan berat badan 15 kg saat berpuasa

Kontrol jumlah kalori

Usaha untuk menurunkan berat badan bisa dimulai dengan mengontrol jumlah kalori harian yang Anda konsumsi selama bulan puasa. Sebanyak 1200 hingga 2000 kalori harus dikonsumsi supaya Anda tetap bisa menjalankan aktivitas dan bugar di siang hari. Di sini, sebaiknya Anda membuat jadwal makanan supaya pemenuhan kalori tersebut bisa dibagi ke dalam menu sahur sehat dan menu makanan sehat untuk berbuka puasa. Jadi, jangan hanya mengurangi porsi makan tanpa tahu ukurannya ya?

Kontrol porsi saat berbuka puasa

Bukan rahasia lagi jika saat waktu jelang berbuka, rasanya kita ingin makan semua makanan. Baik jenisnya maupun jumlahnya, kalau bisa yang banyak. Namun ingat, kalau hawa nafsu ini dituruti, bukan turun berat badan yang akan didapatkan, tambah berat badan, iya. Lagi pula, makan terlalu banyak saat berbuka tidak baik buat kesehatan. Jadi, tahan diri Anda dari keinginan makan banyak dan macam-macam saat berbuka puasa.

Alihkan rasa lapar

Pada awal-awal puasa, Anda akan mengalami masa transisi dari hari biasa (saat masih bisa makan di siang hari) ke hari di mana Anda harus tidak makan dan minum di siang hari. Bagi Anda yang sering ngemil, ini tentu berat. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengalihkan rasa lapar Anda ke kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalnya, membaca buku pelajaran sekolah, berdzikir, baca al-Quran, dan yang lainnya. Bahkan, Anda bisa saja tidur untuk mengalihkan rasa lapar itu, asalkan tidak seharian tidur juga.

Langkah tepat atasi haus

Sangat wajar bila Anda mengalami haus saat siang hari. Namun, akan baik jika Anda menemukan solusi untuk hal itu, bukan? Beberapa tips di bawah ini mungkin akan membantu:
Penuhi cairan tubuh saat sahur dan berbuka
Mandi air dingin di siang hari agar tubuh menjadi segar
Hindari konsumsi minuman yang bisa buat haus saat sahur
Minuman yang bisa buat haus seperti kopi, teh, minuman bersoda, dll
Makanan asin dan digoreng juga mudah membuat kita merasa haus

Persiapan itu penting

Agar Anda bisa menghadapi puasa dengan baik, maka persiapan untuk hal tersebut sangatlah penting. Misalnya dengan membiasakan diri untuk tidak makan makanan yang digoreng, mencukupi kebutuhan air saat malam hari, dan yang lainnya. Persiapan ini biasanya dilakukan sebelum Ramadhan tiba sehingga pada saat bulan puasa datang Anda sudah siap dengan kebiasaan baru dan puasa pun akan menjadi lebih mudah

Olahraga, perlukah?

Sebenarnya, tanpa olahraga pun Anda tetap bisa menurunkan berat badan saat berpuasa. Namun demi hasil maksimal dalam cara menurunkan berat badan 15 kg selama puasa Ramadhan, sebaiknya Anda berolahraga. Namun karena saat siang Anda rentan haus, sebaiknya hindari olahraga berat. Lakukan olahraga ringan dalam jangka waktu yang singkat sekitar 15 sampai 40 menit saja.
Cara diet sehat menguruskan badan 15 kg di bulan Ramadhan di atas bisa Anda praktekkan dengan mudah, asalkan Anda bisa mengontrol diri dan memahami arti puasa sebenarnya